Rabu, 01 Desember 2010

SÊRAT WEDATAMA (2)

Sêrat Wedatama

Yasan Dalêm

(Karya Paduka):

Kangjêng Gusti Pangeran Arya Adipati

Mangkunegara IV

Kawangun saha kababar mawi basa Indonesia dening :

(Diterjemahkan dan diulas ke dalam bahasa Indonesia oleh: )

Damar Shashangka

2010


Pupuh II

Sinom


1. Nulada laku utama, tumrape wong Tanah Jawi, Wong Agung ing Ngeksiganda, Panêmbahan Senopati, kêpati amarsudi, sudane hawa lan nêpsu, pinêsu tapa brata, tanapi ing siyang ratri, amamangun karyenak tyasing sêsama.

Contohlah perbuatan utama, bagi seluruh orang Jawa, yaitu perbuatan Manusia Agung dari Ngeksiganda (Ngeksi : Mata , Ganda : Arum~Rum~Ram. Ngeksiganda : Mataram), (beliau) Panembahan Senapati, senantiasa terpikat untuk berusaha, mengurangi hawa nafsu, dengan cara bertapa brata, baik dikala siang maupun malam hari, senantiasa pula berusaha menyenangkan hati sesama.


2. Samangsane pasamuan, mamangun marta martani, sinambi ing sabên mangsa, kala kalaning asêpi, lêlana teki-teki, nggayuh gêyonganing kayun, kayungyun êninging tyas, sanityasa pinrihatin, puguh panggah cêgah dhahar lawan nendra.

Setiap dalam perkumpulan, selalu merendahkan diri, bahkan dikala waktu-waktu tertentu, disaat alam tengah sunyi sepi, beliau bahkan berkelana untuk menjalankan laku batin, (hal itu dilakukan) demi untuk tercapainya keinginan hati, terpikat heningnya jiwa, selalu berprihatin, dengan mengurangi makan dan minum.


3. Sabên mendra saking wisma, lêlana laladan sepi, ngisêp sêpuhing supana, mrih pana pranaweng kapti, titising tyas marsudi, mardawaning budya tulus, mêsu reh kasudarman, neng têpining jala nidhi, sruning brata kataman wahyu dyatmika.

Manakala keluar dari rumah, yang dituju adalah tempat-tempat yang sepi, (ditempat-tempat tersebut beliau) menghisap intisari kesadaran, supaya bertambah sadar dan terang dalam diri, kehendak hati benar-benar mencari, jalan meresapkan tulusnya kesadaran, sungguh-sungguh berusaha membangun keindahan jiwa, ditepi samudera (beliau bertapa), kerasnya tapa brata mengundang turunnya wahyu kebaikan.


4. Wikan wêngkoning samodra, kidêran wus den idêri, kinêmat kamot ing driya, rinêgan sagêgêm dadi, dumadya angratoni, nênggih Kangjêng Ratu Kidul, ndêdêl nggayuh nggêgana, umara marak maripih, sor prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda.

Kekuatan kesadarannya memancar ke segenap penjuru samudera, tak ada tempat yang tersisa, termuat seluruhnya dalam jiwa, seluruh samudera bagai dalam genggaman, mendadak (dengan kesadarannya mampu) menguasai seluruhnya, sehingga Kangjeng Ratu Kidul, seketika muncul dan terbang ke angkasa, lantas datang menghadap dengan segan, kalah perbawa dengan Manusia Agung Ngeksiganda (Mataram).


5. Dahat denira aminta, sinupêkêt pangkat kanci, jroning alam palimunan, ing pasaban sabên sêpi, sumanggêm anjanggêmi, ing karsa kang wus tinamtu, pamrihe mung aminta, supangate teki-teki, nora ketang têkên janggut suku jaja.

(Kangjeng Ratu Kidul) Sangat-sangat memohon, agar bisa berdekatan dan mendapat tempat (disisi Panembahan Senopati), dari alam gaib, dari kesunyian, (Kangjeng Ratu Kidul) sanggup untuk memberikan bantuan, kepada kehendak yang kelak diinginkan, semua itu hanya demi untuk mendapatkan, restu keberkahan dari dia yang tengah bertapa, walau kala memohon (Kangjeng Ratu Kidul) bagaikan bertongkat dagu dan berkaki dada.


6. Prajanjine abipraya, saturun-turune wuri, mangkono trahing ngawirya, yen amasah mêsu budi, dumadya glis dumugi, iya ing sakarsanipun, wong agung Ngeksiganda, nugrahane prapteng mangkin, trah tumêrah dharahe padha wibawa.

Perjanjianpun telah disepakati, hingga kelak sampai keturunan (Panembahan Senapati), begitulah manusia trah mulia, manakala mengasah kesadaran, cepat terkabulkan segala keinginannya, terwujud segala kehendaknya, dan bagi Manusia Agung Ngeksiganda, anugerah yang diterimanya lestari hingga hari ini, seluruh keturunannya memiliki kewibawaan tinggi.


7. Ambawani tanah Jawa, kang padha jumênêng aji, satriya dibya sumbaga, tan lyan trahing Senapati, pan iku pantês ugi, tinêlad labêtanipun, ing sakuwasanira, enake lan jaman mangkin, sayêktine tan bisa ngêplêki kuna.

Menguasai tanah Jawa, banyak yang menjadi raja, banyak pula yang menjadi ksatria unggul, semua itu adalah keturunan (Panembahan) Senapati, oleh karenanya sangat pantas, perbuatan beliau untuk ditauladani, semampu kita, sesuai dengan jaman sekarang, sebab bagaimanapun juga kita tak akan bisa meniru jaman lampau (karena perubahan jaman ikut juga berpengaruh).


8. Luwung kalamun tinimbang, ngaurip tanpa prihatin, nanging ta ing jaman mangkya, pra mudha kang den karêmi, manulad nêlad Nabi, nayakeng rat Gusti Rasul, anggung ginawe umbag, sabên saba mampir masjid, ngajap-ajap mukjijat tibaning drajat.

Tapi walaupun menauladani sedikit saja hal itu masihlah lebih baik, daripada hidup tanpa laku batin, namun pada kenyataannya dijaman sekarang, orang muda yang sangat disukai, meniru dan mencontoh Nabi, sang penguasa dunia Gusti Rasul (Muhammad), akan tetapi hanya terhenti dibualan semata, setiap kali masuk masjid, hanya mengharap-harap mukjijat dan jatuhnya derajat.


9. Anggung anggubêl sarengat, saringane tan den wruhi, dalil dalaning ijêmak, kiyase nora mikani, katungkul mungkul sami, bengkrakan neng masjid agung, kalamun maca kutbah, lêlagone dhandhanggêndhis, swara arum ngumandhang cengkok palaran.

Hanya terbelit oleh syari’at (kulit agama semata), tidak mengetahui cara penyaringannya, hanya menelan mentah-mentah segala dalil (ayat-ayat suci) sedangkan ijma’ (sebuah kesepakatan adanya hukum baru karena pada masa lalu hal itu tidak ada) serta Qiyas (memperbandingkan hukum masa lalu dengan kondisi nyata sekarang) sama sekali mereka tidak mengerti, hanya sekedar menurut apa bunyi ayat semata, hanya suka kumpul berramai-ramai didalam masjid agung, manakala membaca khutbah, diselingi lagu dhandhanggendhis (dhandhanggula), suaranya indah berkumandang dengan nada palaran (maksudnya mereka hanya menonjolkan keindahan luar).


10. Lamun sira paksa nulad, tuladhaning Kangjêng Nabi, O ngger kadohan panjangkah, watêke tan bêtah kaki, rehne ta sira Jawi, sathithik bae wus cukup, aja guru alêman, nêlad kas ngêplêki pêkih, lamun pengkuh pangangkah yêkti karamat.

Jikalau dirimu memaksa untuk meniru, perbuatan Kangjeng Nabi (Muhammad), oh anakku terlalu tinggi yang kamu jadikan contoh, tak akan mampu dirimu anakku, karena dirimu adalah manusia Jawa, cukup sedikit saja meniru, jangan mengejar pujian, mati-matian menuruti isi kitab Fiqih (kitab yang mengatur tata cara lahiriyah), ketahuilah jalan apapun juga jika kamu ikhlas serta memahami intisarinya (bukan hanya kulit luar semata) dapat dipastikan akan mendapatkan kemuliaan.


11. Nanging enak ngupa boga, rehne ta tinitah langip, apa ta suwiteng Nata, tani tanapi agrami, mangkono mungguh mami, padune wong dhahat cubluk, durung wruh cara Arab, Jawa-ku bae tan ngênting, parandene pari pêksa mulang putra.

Lebih baik hidup apa adanya sembari bekerja, karena kita sekarang tengah menderita (jaman penjajahan Belanda waktu itu), bekerja dengan mengabdi kepada Raja, bertani atau berdagang, seperti itu jika menurut aku, menurut orang yang bodoh ini, yang tidak tahu tata cara Arab, tata cara Jawa saja masih belum paham sepenuhnya, akan tetapi terpaksa mengajar para putra.


12. Saking duk maksih taruna, sadhela wus anglakoni, aberag marang agama, maguru anggêring kaji, sawadine tyas mami, bangêt wedine ing besuk, pranatan ngakir jaman, tan tutug kasêlak ngabdi, nora kober sembahyang gya tininggalan.

Saat masih muda dulu, sebentar pernah menjalani, menjalani tata cara agama secara syari’at, berguru kepada setiap manusia yang sudah haji, dalam hatiku kala itu, sangat-sangat ketakutan jikalau kelak, telah tiba jaman akhir, belum selesai belajar harus memenuhi tuntutan pekerjaan, tidak sempat bersembahyang (belajar agama) lantas aku tinggal.


13. Marang ingkang asung pangan, yen kasuwen den dukani, abubrah bawur tyas ingwang, lir kiyamat sabên hari, bot Allah apa gusti, tambuh-tambuh solah ingsun, lawas-lawas graita, rehne ta suta priyayi, yen mamriha dadi kaum têmah nista.

Menemui sang majikan yang memberi makan, jika terlalu lama menjalankan perintah pasti mendapat marah, sangat kebingungan dan cemas hatiku, bagaikan merasakan kiyamat setiap hari, berat kepada Allah atau kepada majikan, selalu salah tingkah diriku, lama-lama aku menyadari, karena diriku putra priyayi (bangsawan), jikalau memilih menjadi kaum (penghulu agama) pastilah tidak pantas.


14. Tuwin kêtib suragama, pan ingsun nora winaris, angur baya angantêpana, pranatan wajibing urip, lampahan angluluri, aluraning pra luluhur, kuna kumunanira, kongsi tumêkeng samangkin, kikisane tan lyan among ngupa boga.

Atau jika menjadi Khatib (penceramah di masjid), sungguh diriku tak memiliki leluhur sebagai Khatib, lebih baik menjalankan, kewajiban yang sudah ditakdirkan bagi diri kita (dalam ungkapan Bhagawadgita disebut SWADHARMA : Damar Shashangka), meneruskan untuk menjalankan, alur hidup dari para leluhurku, semenjak jaman kuno dulu, hingga jaman sekarang, tiada lain intinya adalah memberikan kesejahteraan (pada masyarakat ~ maksudnya kewajiban priyayi/ksatria adalah memberikan kesejahteraan pada masyarakat, bukan menjadi ulama’ : Damar Shashangka)


15. Bonggan kang tan mrêlokena, mungguh ugêring ngaurip, uripe tan tri prakara, wirya arta tri winasis, kalamun kongsi sêpi, saka wilangan têtêlu, têlas tilasing janma, aji godhong jati aking, têmah papa papariman ngulandara.

Salah sendiri bagi mereka yang tidak memperdulikan, hukum nyata kehidupan, bahwa manusia hidup jikalau tidak memiliki tiga macam, yaitu Wirya (nama baik) Arta (Uang) dan yang ketiga Winasis (Kepintaran), jika sampai tidak memiliki, salah satu dari ketiganya, habislah harga dirinya, akan lebih berharga secabik daun jati kering (daun jati kering masih dicari untuk bungkus makan pada waktu itu : Damar Shashangka), sehingga sengsara penuh kenistaan dimanapun dia berada.


16. Kang wus waspada ing patrap, mangayut ayat winasis, wasana wosing jiwangga, melok tanpa aling-aling, kang ngalingi kaliling, wênganing rasa tumlawung, keksi saliring jaman, angêlangut tanpa têpi, yeku aran tapa tapaking Hyang Sukma.

Mereka yang sudah sadar pada tata cara yang benar, akan menemukan inti sari ayat, sehingga inti jiwa raganya, terlihat jelas tanpa terhalangi apapun, yang menghalangi telah tersingkirkan, terbukalah kesadaran purna, terlihatlah segenap alam, yang luas tanpa batas dan tanpa tepi, demikianlah manusia yang bertapa dengan mencari jejak telapak Hyang Suksma (Tuhan).


17. Mangkono janma utama, tuman tumanêm ing sêpi, ing sabên rikala mangsa, masah amêmasuh budi, lahire den têtêpi, ing reh kasatriyanipun, susila anor raga, wignya met tyasing sesama, yeku aran wong barek bêrag agama.

Begitulah manusia utama (tidak meninggalkan kehidupan lahiriyah), namun juga terpikat pada keheningan diri, seringkali disetiap waktu, mengasah dan membasuh tajamnya kesadaran, sedangkan keduniawiannya juga tetap dipenuhi, kewajiban sebagai seorang ksatriya (bagi K.G.P.A.A Mangkunegara IV dan keturunannya karena beliau adalah bangsawan/ksatriya : Damar Shashangka), adalah memahami etika dan sopan santun, serta mahir menyenangkan hati sesama, itulah yang dinamakan manusia yang memahami agama.


18. Ing jaman mêngko pan ora, arahe para taruni, yen antuk tuduh kang nyata, nora pisan den lakoni, banjur njujurkên kapti, kakekne arsa winuruk, ngandêlkên gurunira, pandhitane praja sidik, tur wus manggon pamucunge mring makripat.

Akan tetapi dijaman sekarang tidaklah demikian, kelakuan dari para muda, jikalau mendapat nasehat yang benar, tidak sekalipun mau menjalankan, bahkan lantas membantah, kakeknya sendiri hendak diajari, mereka lebih mempercayai gurunya, seorang pandhita kerajaan yang katanya sudah waskita, serta yang konon katanya sudah ada pada taraf ma’rifat (kesadaran purna).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar