Kamis, 09 Desember 2010

SÊRAT WEDATAMA (4)

Sêrat Wedatama

Yasan Dalêm

(Karya Paduka):

Kangjêng Gusti Pangeran Arya Adipati

Mangkunegara IV

Kawangun saha kababar mawi basa Indonesia dening :

(Diterjemahkan dan diulas ke dalam bahasa Indonesia oleh: )

Damar Shashangka

2010



Pupuh IV

Gambuh


1. Samêngko ingsun tutur, Sêmbah Catur: supaya lumuntur, dhingin: Raga Cipta Jiwa Rasa kaki, ing kono lamun tinêmu, tandha nugrahaning Manon.

Sekarang aku hendak menuturkan, empat macam bentuk sembah agar bisa kamu pahami, pertama (sembah) Raga (Sembah) Cipta (Sembah) Jiwa (Sembah) Rasa, oh anakku. Disana manakala mampu menjalankan akan bisa kamu temukan, tanda anugerah Hyang Manon (Tuhan).

2. Sêmbah Raga puniku, pakartine wong amagang laku, susucine asarana saking warih, kang wus lumrah limang wêktu, wantu wataking wawaton.

Yang dimaksud dengan Sembah Raga (Syari’at : Damar Shashangka), adalah bentuk sembah dari mereka yang tengah magang dalam olah spiritual, sarana untuk bersuci masih menggunakan air, bentuk sembahnya sudah lumrah kamu ketahui yaitu shalat lima waktu, masih tergantung dengan menunggu-nunggu saat tertentu untuk menjalankannya (maksudnya masih terikat saat-saat tertentu, yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya’ : Damar Shashangka)

3. Inguni-uni durung, sinarawung wulang kang sinêrung, lagi iki bangsa kas ngêtokên anggit, mintokên kawignyanipun, sarengate elok-elok.

Semenjak dahulu belum pernah ada, diajarkan ajaran spiritual yang terbungkus kulit sedemikian rupa, baru kali ini ada bangsa khusus yang mengajarkan ajaran seperti itu (bangsa Arab maksudnya : Damar Shashangka), menunjukkan kemampuannya, dengan syari’at (aturan hukum, tata cara jasmaniah) yang aneh-aneh.

4. Thithik kaya santri Dul, gajeg kaya santri brahi kidul, saurute Pacitan pinggir pasisir, ewon wong kang padha nggugu, anggêre guru nyalêmong.

Hasilnya (jika terjerat syari’at/kulit spiritual semata : Damar Shashangka) seperti halnya Santri Dul (maksudnya santri yang hanya memahami syari’at namun sudah berani menganggap dirinya paling benar, disini diistilahkan dengan santri Dul, sebuah nama yang mewakili banyak santri keblinger semacam itu : Damar Shashangka), tergesa-gesa seperti halnya para santri didaerah selatan Jawa, mulai sepanjang pesisir Pacitan, akan tetapi banyak orang yang menurutinya (bagai kerbau dicocok hidung), setiap kali sang Guru (santri sedemikian) memerintahkan apapun juga.

5. Kasusu arsa wêruh, Cahyaning Hyang kinira yen karuh, ngarêp-arêp Urub arsa den kurêbi, tan wruh kang mangkono iku, akale kaliru ênggon.

Terburu-buru hendak mengetahui, Cahaya Tuhan dan menganggap sudah dekat, mengharap-harapkan nyala kesucian dan hendak dikuasai, tak menyadari jika apa yang mereka kerjakan, salah jalur keliru tempat!

6. Yen ta jaman rumuhun, tata titi tumrah tumaruntun, bangsa srengat tan winor lan laku batin, dadi ora gawe bingung, kang padha nêmbah Hyang Manon.

Jika dibandingkan dengan jaman dulu (jaman sebelum masuknya Islam di Jawa), segalanya tertata dan jelas, aturan syari’at tidak dicampur adukkan dengan laku batin (spiritual), sehingga tidak membuat bingung, bagi mereka yang hendak menyembah Hyang Manon (Syari’at/ Tata cara lahiriyah tidak diagung-agungkan dan dianggap segalanya sehingga tidak membuat terjebak bagi peningkatan kesadaran para pelaku spiritual : Damar Shashangka)


7. Lire sarengat iku, kêna uga ingaranan laku, dhihin Ajêg kapindhone Atabêri, pakolehe putraningsun, nyênyêgêr badan mrih kaot.

Yang dimaksud Syari’at (yang berkaitan dengan ibadah), bisa juga disebut laku bathin awal, untuk menjalankannya harus AJÊG (Kontinyu) dan TABÊRI (Rajin), hasilnya oh anakku, membuat segar sekujur badan fisik.

8. Wong sêgêr badanipun, otot daging kulit balung sungsum, tumrah ing rah mamarah antênging ati, antênging ati nunungku, angruwat ruwêting batos.

Manusia yang segar badan fisiknya, segar otot daging kulit tulang dan sungsumnya, membuat bersihnya darah sehingga menyebabkan ketenangan hati, ketenangan hati membakar, dan meruwat segala kekotoran batin.

9. Mangkono mungguh ingsun, ananging ta sarehne asnafun, beda-beda panduk pandoming dumadi, sayêktine nora jumbuh, tekad kang padha linakon.

Begitu menurutku hasil dari syari’at, akan tetapi karena banyak macam (asnafun : klasifikasi), maka berbeda-beda pula pemahaman dari setiap orang, pastilah tak ada yang sama (antara satu dengan yang lain), dari tekad yang tengah dijalankan.

10. Nanging ta paksa tutur, rehning tuwa tuwase mung catur, bok lumuntur lantaraning reh utami, sing sapa têmên tinêmu, nugraha gêming Kaprabon.

Akan tetapi terpaksa aku menuturkan (pemahamanku), karena orang tua wajibnya memberikan nasehat, siapa tahu bakal membuat keutamaan, asal siapa yang bersungguh-sungguh pastilah menemukan, anugerah kemuliaan.

11. Samêngko Sêmbah Kalbu, yen lumintu uga dadi laku, laku agung kang kagungan Narapati, patitis têtêsing kawruh, mêruhi marang kang momong.

Sekarang Sembah Kalbu (Sembah Cipta/ Thariqat : Damar Shashangka), jika terus dilakukan akan menjadi laku bathin juga, laku agung milik para Narapati (Nara : Manusia, Pati : Penguasa : Penguasa manusia/orang suci : Damar Shashangka), sebuah laku yang akan membuat tajam kesadaran, mengetahui kepada yang memelihara manusia (Sadulur Papat Lima Pancer, maksudnya : Badan halus manusia sendiri yaitu Kesadaran (Kakang Kawah), Pikiran (Adhi Ari-Ari), Perasaan (Getih) dan Ingatan (Puser) : Damar Shashangka)

12. Sucine tanpa banyu, mung nyênyuda mring hardaning kalbu, pambukane tata titi ngati-ati, atêtêp talaten atul, tuladhan marang waspaos.

Sarana bersucinya tanpa menggunakan air, hanya mengurangi segala keinginan hati, dengan cara Menata diri Memperhatikan diri Berhati-hati pada diri, senantiasa demikian setiap saat dan harus telaten serta harus dibiasakan, intinya berusaha selalu waspada pada gejolak diri.

13. Mring jatining pandulu, panduk ing ndon dadalan satuhu, lamun lugu lêgutaning reh maligi, lageyane tumalawung, wênganing alam kinaot.

Dan kepada Penglihatan Sejati, mudah pula menemukan jalan untuk meraihnya, dengan tekad bersungguh-sungguh biasanya kesadaran jernih tersebut tercapai, jika sudah demikian akan mulai tampak tanda-tanda, tanda terbukanya alam utama.

14. Yen wus kambah kadyeku, sarat sareh saniskareng laku, kalakone saka Ênêng Êning Eling, ilanging rasa tumlawung, kono adile Hyang Manon.

Jika sudah dalam kondisi batin yang demikian, semuanya harus pelan-pelan dan sabar, karena akan meningkat pesat kesadaran jika batin benar-benar bisa ÊNÊNG (Tenang) ÊNING (Jernih) ELING (Sadar), dan ketika hilang sudah segala rasa manusiawi/badani, disanalah akan memasuki kondisi KEADILAN/KEBENARAN HYANG MANON (Tuhan).

15. Gagare ngunggar kayun, tan kayungyun mring ayuning kayun, bangsa anggit yen ginigit nora dadi, Marma den awas den emut, mring pamurunging lalakon.

Kegagalan biasanya terjadi jika terburu-buru ingin mencapai kondisi tersebut, lepaskan jangan terpikat pada keinginan itu sendiri, dalam spiritualitas jika keinginan tanpa sadar kita pegang maka kegagalan yang pasti akan terjadi, oleh karenanya harus benar-benar awas dan ingat, kepada rintangan halus spiritualitas ini (maksudnya, keinginan menggebu-gebu untuk meraih Kesadaran Purna-pun bisa jadi obyek penghalang untuk meraih Kesadaran Purna itu sendiri tanpa kita sadari, yang terpenting, lakukan, jalani dan jangan terlalu berharap. : Damar Shashangka)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar